Selasa, 29 Maret 2011

Istilah-istilah Dalam Hubungan Internasional

TUGAS PENGANTAR HUBUNGAN INTERNASIONAL


NATION STATE – NEGARA BANGSA
Nation state atau negara bangsa adalah konsep atau bentuk kenegaraan yang memperoleh pengesahan politiknya dengan menjadi sebuah entiti berdaulat bagi satu-satu bangsa sebagai sebuah (unit) wilayah. Bisa juga disebut sebagai suatu istilah politik yang berarti warga negara yang tinggal di suatu negara juga merupakan bangsa yang sama. Misalnya Jepang, Korea, Portugis, dan Irlandia.
Negara bangsa ini banyak terbentuk pada abad 18. Kelahiran Negara –bangsa ini erat kaitannya dengan kemunculan pola hubungan antar negara sistem internasional, dan pertumbuhan hubungan komersial di seluruh dunia dalam sebuah sistem yang terglobalisasi.

HEGEMONI
Hegemoni memiliki beberapa pengertian konsep. Pertama, hegemoni adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan fenomena terjadinya usaha para penguasa untuk mempertahankan kekuasaannya. Kedua, hegemoni berarti dominasi suatu kelompok kepada kelompok lain baik dengan atau tanpa kekerasan sehingga ide-ide kelompok yang mendominasi bisa di terima dengan wajar oleh pihak yang didominasi.
Dalam hubungan internasional, hegemoni oleh negara yang berkuasa terhadap negara bawahannya dilakukan dengan imperialisme, birokrasi semua aspek bidang kehidupan dan bahkan melalui dakhwah agama. Doktrin penguasa juga di ajarkan di sekolah-sekolah, sehingga negara yang didominasinya merasa kehilangan jati diri dan berpikir malah untuk meniru penguasa beserta gaya hidupnya bukan dengan melakukan pemberontakan.

PERJANJIAN WESTPHALIA 1648
Perjanjian Damai Westphalia dilaksanakan dalam mengakhiri Perang Tiga Puluh Tahun (1618-1648) yang berlangsung di Kekaisaran Suci Romawi dan Perang 80 Tahun (1568-1648) antara Spanyol dan Belanda. Perjanjian ini berlangsung di dua tempat yaitu di di Osnabrück (15 Mei 1648) dan di Münster (24 Oktober 1648).
Perjanjian ini membuat titik tolak baru yaitu meneguhkan perubahan dalam peta bumi politik yang telah terjadi karena perang itu di Eropa, mengkahiri penguasaan Kekaisaran Romawi, melepaskan hubungan antar Negara yang tadinya didasarkan hubungan kegerejaan menjadi atas kepentingan Negara-negara itu sendiri, dan mengakui beberapa kemerdekaan beberapa Negara kecil seperti Belanda, Swiss dan Negara-negara kecil di Jerman. Peristiwa dianggap sebagai sejarah dari Hukun Internasional dan bahkan sebagai peristiwa dari hukum modern.

PERANG 30 TAHUN
Perang 30 Tahun terjadi antara tahun 1568-1648 merupakan perang agama antara Katolik dan Protestan. Perang ini dipicu oleh kekhawatiran kaum Protestan Cheko terhadap pembatasan kebebasan mereka oleh Raja Katolik Roma. Secara umum perang ini terjadi antara kaum pangeran Jerman Protestan yang beraliansi dengan kekuatan-kekuatan lain seperti Denmark, Prancis, Swedia dan Inggris melawan Imperium Katolik Romawi. Perang ini dilatarbelakangi oleh isu agama, wilayah, dinasti dan persaingan antara Dinasti Habsburg melawan kekuatan lainnya.
Akibat dari perang ini terjadi wabah kelaparan dan penyakit. Perang ini diakhiri dengan Perjanjian Westphalia tahun 1648, namun bentrokan tetap terjadi sampai tahun 1659. Pertentangan antara Katolik dan Protestan secara relatif mulai berkurang serta berkembangnya paham nasionalisme di Eropa.

BALANCE OF POWER
Balance of Power adalah salah satu teori hubungan internasional yang menekankan pada efektifitas kontrol terhadap kekuatan sebuah Negara oleh kekuatan negara-negara lain. Teori ini memiliki asumsi dasar bahwa ketika sebuah Negara atau aliansi Negara meningkatkan atau mengunakan kekuatannya secara lebih agresif, Negara-negara yang merasa terancam akan merespon dengan meningkatkan kekuatan mereka
Balance of power dalam sistem kekuasaan muncul untuk menghasilkan tiga kondisi. Pertama, keberagaman kedaulatan negara yang mucul haruslah tidak tunduk pada keterpaksaan dari salah satu legitimasi kedaulatan negara lain yang lebih berkuasa. Kedua, kontrol secara terus-menerus dari kompetisi akibat langkanya sumber daya atau nilai-nilai konflik. Ketiga, menyamaratakan distribusi status, kekayaan, dan potensi power diantara aktor politik yang masuk dalam suatu sistem. Secara sistemik, balance of power digunakan untuk mencegah terjadinya sistem hegemoni.

POWER DALAM HUBUNGAN INTERNASIONAL
Power menunjuk pada apa saja yang bisa menciptakan dan mempertahankan pengendalian aktor A terhadap aktor B. Power memiliki tiga unsur penting. Pertama, daya paksa (force) yang artinya sebagai ancaman eksplisit atau penggunaan kekuatan militer, ekonomi atau sarana pemaksa lainnya oleh actor A terhadap actor B demi mencapai tujuan politik A. Kedua, adalah pengaruh yang didefinisikan sebagai penggunaan alat-alat persuasi (tanpa kekerasan)oleh actor A demi menjamin agar perilaku B sesuai dengan keinginan actor A. Ketiga, adalah wewenang (authority) yaitu sikap tunduk sukarela actor B pada arahan yang di berikan oleh actor A.
Sebagai unit multidimensional, power memiliki lima dimensi utama. Deutsch mengemukakan tiga dimensi power (scope, domain, range) yang spesifik dan bisa diukur. Jadi, kelima dimensi power tersebut, meliputi scope (ruang lingkup), domain, range, costs dan means.

MORGENTHAU
Morgenthau adalah seorang tokoh pemikiran realis yang disebut sebagai “the pope of international relation”. Beliau terkenal dengan beberapa teori yang sangat mempengaruhi perkembangan ilmu hubungan internasional. Misalnya teori tentang kekuasaan (power). Poin utama dari pemikirannya menegaskan bahwa politik adalah perjuangan untuk meraih kekuasaan (struggle for power). Ia juga mengajukan pemikirannya dalam teori Balance of Power yang menyatakan bahwa perdamaian dunia dapat terwujud jika tercipta keseimbangan kekuasaan antarnegara di dunia. Dalam teorinya, Morgenthau berpendapat bahwa hanya kekuatan-kekuatan besar saja yang menentukan karakteristik politik internasional pada suatu periode sejarah.

1 komentar:

  1. T-Tin® Titanium Dog teeth implants for skin care
    These titanium necklace two devices work on the skin, You can also use these to remove skin from your titanium teeth dentist's office, or by using titanium dioxide your ford edge titanium dentist's titanium dioxide

    BalasHapus